Kista Coklat


PENYAKIT KISTA COKLAT
Penyakit kista coklat merupakan penyakit kista endometriosis. Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa tumbuh pada permukaan ovarium. Namun penyakit kista coklat ini bukan hanya muncul di ovarium saja juga bisa muncul pada organ tubuh lainnya. Penyakit kista coklat ini menyerang pada bagian dalam ovarium dan bisa membentuk kantng yang isinya darah. Mengapa penyakit kista ini disebut penyakit kista coklat? Karena terdapat darah yang memerah kecokletan hingga warnanya gelap. Dan ukuran dari kista coklat ini adalah sebesar kacang dan bisa tumbuh menjadi lebih besar dari yang diperkirakan. Banyak gejala yang dirasakan dari penyakit kista coklat ini.Gejala dari penyakit kista coklat adalah nyeri yang dirasakan pada perut dibagian bawah dan juga pada daerah panggul. Gejala lain dari penyakit kista coklat adalah menstruasi yang terjadi siklusnya tidak teratur atau misalnya spotting sebelum menstruasi, gejala dari penyakit kista coklat ini bisa menyebabkan kemandulan pada wanita, kemudian juga dirasa nyeri saat melakukan hubungan seksual atau dipeurenia.
Biasanya hal yang harus dilakukan untuk menangani penyakit kista coklat ini adalah dengan melakukan operasi pengangkatan. Hal ini dikarenakan penyakit kista coklat yang menyebabkan suatu tekanan, lilitan dan pendarahan atau sumbatan yang terjadi pada jalan lahir, namun tidak semua wanita ini mau melakukan operasi untuk pengangkatannya.
Penatalaksanaan dari penyakit kista coklat bisa dilakukan dengan melakukan observasi. Jika penyakit kista ini menimbulkan suatu gejala, maka cukup dilakukan monitor atau dipantau dan selama 1-2 bulan, karena penyakit kista fungsional ini akan menghilang dengan sendirinya setelah satu atau juga dua dari siklus haid. Biasnaya tindakan ini dilakukan jika tidak adanya suatu kecurigaan resiko kanker.
Penalataksanaan selanjutnya adalah operasi kista yang kemudian membesar, maka dilakukan suatu pembedahan, yakni hal yang dilakukan adalah pengambilan dan pengangkatan kista dengan melakukan tindakan laparaskopi atau juga dengan laparatomi. Biasanya untuk melakukan laparaskopi ini Anda bisa diperbolehkan pulang pada hari ke-3 dan juga ke-4.
Posted in Obat Kista Coklat | Tagged cara mencegah kista coklat, cara menyembuhkan kista coklat, cara pengobatan kista coklat, ciri-ciri kista coklat, contoh kista coklat, gejala kista coklat, kista coklat, kista endometriosis, laparoskopi kista, makalah kista coklat, obat kista coklat, pencegahan kista coklat, pengobatan kista coklat, penyebab kista coklat | Leave a comment
Kista Cokelat Ovarium
Posted by Obat Kista Coklat
Kista cokelat ovarium, kista endometrium pada ovarium yang berisi bekas darah warnanya cokelat kehitaman. Ovarium merupakan lokasi kista cokelat yang paling sering ditemukan. Sel-sel endometrial yang menyimpang ini bereaksi terhadaqp perubahan-perubahan kadar hormon seperti halnya sel-sel di dalam rahim. Jumlahnya akan meningkat selama beberapa waktu tertentu dalam sebulan dan melepaskan diri bersamaan dengan luruhnya dinding rahim (menstruasi). Namun, karena terjebak di dalam area panggul dan tidak bisa keluar dari tubuh, sel endometrial ini mulai meradang dan menyebabkan satu organ internal menempel dengan yang lainnya. Sel-sel itu juga bisa membengkak dan terisi dengan darah kotor atau disebut kista cokelat.
kista coklat
Banyak wanita penderita endometriosis beranggapan bahwa mereka hanya mengalami sakit menstruasi, sehingga endometriosisseringkali tak terdeteksi sampai dilakukan tes kesuburan. Gejala-gejala endometriosis mencakup rasa sakit luar biasa dan kram di punggung bagian bawah serta perut, rasa sakit pada saat ovulasi, pada saat terjadi pergerakan usus besar dan selama melakukan hubungan seksual. Penderita kadang kala juga merasa mual dan pusing. Endometriosis atau kista cokelat ovarium bisa didiagnosa dengan pemeriksaan mendetil pada area panggul dengan menggunakan laparoscope.
Kondisi ini biasanya diatasi dengan terapi hormon atau operasi. Prosedurnya disebut perawatan thermal coagulator menggnakan gas helium yang sudah di ionisasi dengan aliran listrik untuk mengeringkan sel-sel endometrial. Prosedur ini memberikan hasil yang memuaskan dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Sebaiknya Anda mengenali kista cokelat ovarium agar lebih mudah dalam penanganannya.
Apabila Anda mengalami rasa sakit luar biasa di punggung dan perut atau kram hebat selama menstruasi, berkonsultasilah dengan dokter spesialis untuk mendeteksi kemungkinan adanya endometriosis. Endometriosis terjadi saat sel-sel dinding rahim tumbuh di tempat-tempat lain dalam rongga panggul.
Posted in Obat Kista Coklat | Tagged cara mencegah kista coklat, cara menyembuhkan kista coklat, cara pengobatan kista coklat, ciri-ciri kista coklat, contoh kista coklat, gejala kista coklat, kista coklat, kista endometriosis, laparoskopi kista, makalah kista coklat, obat kista coklat, pencegahan kista coklat, pengobatan kista coklat, penyebab kista coklat | Leave a comment
Gejala Kista Coklat
Posted by Obat Kista Coklat
Kista coklat atau kista indung telur kecil (seperti kista folikel) biasanya tidak menghasilkan gejala, kecuali terjadi pecah atau terpuntir sehingga menyebakan sakit perut, distensi dan kaku. Kista yang besar atau kista dalam jumlah banyak dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada panggul, sakit pinggang, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan pendarahan uterus. Kista indung telur yang mengalami pemuntiran menyebabkan sakit perut yang akut.
Kista granulo lutein, timbul pada permulaan kehamilan dan diameternya dapat menjadi sebesar 5-6 cm dan menghasilkan rasa tidak enak didaerah panggul, apabila pecah, terjadi pendarahan massif pada satu sisi rongga perut. Pada wanita yang tidak hamil, kista ini akan membuat menstruasi terlambat diikuti dengan perpanjangan dan pendarahan ireguler. Kista indung telur polisistik juga menghasilkan tidak adanya menstruasi sekunder, penurunan siklus menstruasi dan terjadi infertilitas.
Biasanya dokter akan mendiagnosis kista indung telur berdasarkan gejala dan tanda-tandanya. Pemeriksaan fisik dan beberapa jenis pemeriksaan laboratorium akan membantu diagnosis dari beberapa tipe kista.
Kebanyakan ovarian cysts (kista-kista indung telur) jarang sekali yang dirasakan (dicatat) dan menghilang begitu saja tanpa pernah disadari keberadaannya. Gejala-gejala yang timbul akibat kista adalah nyeri pada perut atau pelvis. Nyeri ini dapat disebabkan dari :
- Pecahnya kista
- Pertumbuhan yang cepat dan peregangan
- Perdarahan ke dalam kista, atau
- Perlintiran dari kista sekitar suplai darahnya (yang dikenal sebagai torsion)
Adakalanya ovarian cysts terdeteksi seorang dokter sewaktu pemeriksaan. Kebanyakan kista-kista didiagnosa dengan ultrasound, yaitu teknik imaging yang paling baik untuk mendeteksi ovarian cysts (kista-kista indung telur). Ultrasound adalah suatu metode imaging yang mengunakan gelombang-gelombang suara untuk menghasilkan suatu gambar (image) dari struktur-srktur di dalam tubuh. Ultrasound lebih aman karena tidak menyakitkan dan tidak membahayakan.
Kista dapat juga dideteksi dengan metode-metode imaging lain, seperti CT scan atau MRI scan (magnetic resonance imaging).
Posted in Obat Kista Coklat | Tagged cara mencegah kista coklat, cara menyembuhkan kista coklat, cara pengobatan kista coklat, ciri-ciri kista coklat, contoh kista coklat, gejala kista coklat, kista coklat, kista endometriosis, laparoskopi kista, makalah kista coklat, obat kista coklat, pencegahan kista coklat, pengobatan kista coklat, penyebab kista coklat | Leave a comment
Cara Mengobati Kista Coklat
Posted by Obat Kista Coklat
Kista coklat atau kista indung telur biasanya berupa kantong yang tidak bersifat kanker yang berisi material cairan atau setengah cair. Meskipun kista tersebut biasanya kecil dan tidak menghasilkan gejala, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan bahwa hal ini bukan kanker. Tipe umum dari kista indung telur adalah kista folikel, kista lutein, dan yang berkaitan dengan penyakit polisistik indung telur.
Kista coklat dapat berbentuk kapan saja antara masa pubertas sampai menopause, termasuk selama kehamilan. Beberapa kista lutein malah sering terjadi saat kehamilan. Prognosisnya sangat baik apabila tidak berupa kanker.
Kista folikuler secara tipikal kecil dan timbul dari folikel yang tidak sampai saat menopause, sekresinya akan terlalu banyak mengandung estrogen sebagai respon terhadap hipersekresi folikel stimulation hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH) normalnya ditemui saat menopause.
Kista granulose lutein yang terjadi di dalam korpus luteum indung telur yang fungsional dan membesar bukan karena tumor, tetapi disebabkan oleh penimbunan darah yang berlebihan saat fase pendarahan dari siklus menstruasi. Kista theka-lutein biasanya bersifat bilateral dan berisi cairan bening, berwarna seperti jerami; biasanya berhubungan dengan tipe lain dari tumor indung telur, serta terapi hormone.
Penyakit polisistik indung telur merupakan bagian dari sindrom Stein-Leventhal dan merupakan induk dari abnormalitas endokrin.
Kista folikel tidak perlu diobati akan sembuh sendiri dalam waktu 60 hari. Walaupun demikian, apabila mengganggu aktivitas sehari-hari berikan Clomiphene Citrate secara oral atau Progesteron intamuskular (juga selama 5hari) akan memperbaiki siklus hormonal dan menginduksi ovulasi. Kontrasepsi oral juga akan mempercepat ovulasi fungsi kista (termasuk kedua tipe dari kista lutein dan kista folikel).
Pengobatan pada kista granulose lutein yang dijumpai pada saat kehamilan semester ketiga dan jarang memerlukan operasi. Kista theka-lutein akan menghilangkan secara spontan sesudah menyingkirkan mola hidatidosa atau koriokarsinoma, atau memutuskan pemberian human corio gonadotropin atau terapi c.
Pengobatan kista polisistik indung telur dengan pemberian Clomiphene Citrate untuk mendorong ovulasi, Medroxyprogesterone acetate selama 10hari dari setiap bulan bagi wanita yang tidak ingin hamil, atau dosis rendah kontrasepsi oral bagi wanita yang menginginkan pemakaian kontrasepsi. Operasi berguna untuk mengangkat kista yang persisten atau yang dicurigai.
Apa yang dapat dilakukan oleh wanita yang menjalani operasi kista indung telur ?
Anda dianjurkan meningkatkan aktivitas dirumah secara bertahap sebaiknya selama lebih dari 4-6minggu. Tidak melakukan hubungan seksual dan mempergunakan pembalut pada saat menstruasi.
Saat ini kista indung telur adalah salah satu masalah reproduksi yang banyak dialami oleh perempuan berusia produktif. Sekalipun tidak memicu gangguan kesehatan lain yang lebih serius, jika ditangani secara tidak tepat dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.
Jika dokter mendiagnosa bahwa ada kista di indung telur Anda, tak perlu panik. Saat ini teknologi medis telah berkembang sangat pesat sehingga hal tersebut dapat ditangani tanpa mengganggu fungsi reproduksi. Namun kondisi Anda akan lebih cepat pulih jika selama proses pengobatan medis tersebut, Anda menjalani pengaturan pola makan yang tepat.
Posted in Obat Kista Coklat | Tagged cara mencegah kista coklat, cara menyembuhkan kista coklat, cara pengobatan kista coklat, ciri-ciri kista coklat, contoh kista coklat, gejala kista coklat, kista coklat, kista endometriosis, laparoskopi kista, makalah kista coklat, obat kista coklat, pencegahan kista coklat, pengobatan kista coklat, penyebab kista coklat | 3 Comments
Kista Coklat
Posted by Obat Kista Coklat
Kista pada indung telur merupakan penyakit yang ditakuti banyak wanita. Selain angka kejadiannya yang cukup banyak, kista tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kesuburan wanita. Gampangnya, sulit hamil. Sebab, kita dapat mengganggu proses keluarnya sel telur dari indung telur. Meski menghambat kesuburan, bukan berarti seorang wanita yang menderita kista tidak bisa mendapatkan anak. Pada kondisi tertentu, mereka masih diberi kesempatan hamil dan melahirkan, meski kemungkinannya lebih kecil.
Kista yang terdapat pada indung telur biasa dikenal sebagai kista coklat. Kista coklat ini bisa ditimbulkan oleh endometriosis. Yaitu, tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim. Nah, dalam kasus ini jaringan endometrium itu berada di indung telur. Di dalam indung telur, Krista ini akan tampak seperti sebuah ruangan yang ukurannya besar dan berisi darah tua yang menyerupai coklat. Dalam pemeriksaan, tampak kecoklatan karena pada dasarnya kista ini memang berisikan darah yang mengantong pada indung telur.
Masalah kesuburan pada perempuan sering dikaitkan dengan kista. Bahkan, ada anggapan seseorang yang terkena kista di ovarium (indung telur) akan sulit hamil. Pendapat itu ternyata tidak sepenuhnya benar karena pada umumnya kista bersifat jinak, berukuran kecil, dan tidak berpengaruh terhadap kesuburan.
Kista Coklat atau Kista Indung Telur
Kista merupakan neoplasma atau sel baru yang tumbuh liar. Kista bisa berbahaya manakala sudah berukuran besar. Kista berdiameter lebih dari 5cm dapat melintir pada saat terjadi kehamilan. Akibatnya, kista pecah dan menimbulkan nyeri sangat hebat. Selain itu, dapat beresiko jika merupakan neoplasma ganas yang dapat mengakibatkan kanker ovarium (kanker nomor tiga penyebab kematian perempuan Indonesia setelah kanker payudara dan kanker mulut rahim). Oleh karena itu, penting dilakukan deteksi dini adanya kista, yaitu dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Kista terkadang muncul tanpa gejala seperti penyakit pada umumnya. Gejala-gejala seperti perut yang agak membuncit serta bagian bawah perut yang terasa tidak enak biasanya baru dirasakan saat ukurannya sudah cukup besar.
Pada dasarnya, kista dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu kista dermoid berasal dari elemen ektodermal sehingga sel-selnya mirip kulit, yaitu sel epitel gepeng, tampak pula folikel rambut, kelenjar keringat, kadang-kadang elemen tulang. Potensi kista dermoid menjadi ganas relative kecil, cuma sekitar 1-3%. Dan yang kedua adalah kista endometriosis, (endometriosis ada yang berbentuk kista, karena itu sering disebut kista). Padahal kista merupakan neoplasma, sementara endometriosis berupa kelenjar dinding rahim yang abnormal dan tumbuh di luar rahim. Kista endometriosis mengganggu kesuburan karena secara mekanik dapat mengakibatkan pelengketan yang menyebabkan proses ovum pick-up (lepasnya sel telur yang lebih matang), sehingga sulit ditangkap fimbriea (ujung tuba fallopi). Akibatnya pembuahan sulit terjadi. Secara imunologis kesuburan juga terhambat karena timbulnya rekasi-reaksi kekebalan yang mengganggu fungsi sel telur, sperma dan embrio secara alami.
Masalah atau gangguan pada alat vital bisa terjadi karena jaringan endometrium yang seharusnya tidak berada didalam indung telur mengalami perdarahan karena pengaruh hormone estrogen dan progesterone. Seperti halnya perdarahan yang dialami seorang wanita saat menstruasi. Kista ini hanya terjadi, hanya di salah satu indung telur, atau pada keduanya sekaligus. Kondisi inilah yang sangat berperan terhadap kesuburan. Jika kista didapatkan pada kedua indung telur, maka kemungkinan untuk bisa hamil semakin kecil. Namun, jika kista hanya terdapat pada salah satu indung telur, kemungkinan trjadi kehamilan lebih besar lagi. Bahkan pada wanita yang mengalami kista coklat disarankan untuk segara melakukan pernikahan dan tidak menunda lagi kehamilannya. Ini termasuk langkah pencegahan. Karena pada saat kehamilan dan sesudah kehamilan, terjadi regresi endometrium dalam sarang-sarang endometriosis termasuk yang ada didalam indung telur.
Kondisi tersebut bisa mencegah kista semakin besar dan memperburuk keadaan wanita akibat kista tersebut. Namun kesempatannya tetap masih lebih kecil dibandingkan wanita normal. Kira-kira hanya separuhnya. Tapi, kenyataannya cukup banyak wanita yang menderita kista, namun tetap bisa hamil. Selama pertumbuhan kista tersebut bisa dikendalikan dan tidak menghambat proses pembuahan maka tetap bisa teradi kehamilan.
Untuk mengendalikan pertumbuhan kista, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, dengan terapi hormonal. Prinsipnya adalah menciptakan lingkungan yang rendah hormone estrogen. Cara lain dengan melakukan pembedahan. Yakni pengangkatan kista pada indung telur sesuai ukuran. Biasanya tidak seluruh bagian indung telur diangkat, tapi disisakan bagian ovarium yang masih sehat.

0 Response to "Kista Coklat"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Laman

Kista

Kista